Ini Objek Wisata Menakjubkan di Poso yang Wajib Dikunjungi

Vivamus magna justo, lacinia eget consectetur sed, convallis at tellus. Quisque velit nisi, pretium ut lacinia in, elementum id enim. Mauris blandit aliquet elit, eget tincidunt nibh pulvinar a.

Poso, Kabupaten di Sulawesi Tengah yang dicap daerah konflik dan sarang teroris Santoso ini ternyata merupakan surga tersembunyi di Indonesia. Bisa dikatakan, segala macam destinasi wisata ada di wilayah ini.

Bupati Poso, Darmin Agustinus mengatakan, destinasi wisata yang ada di Poso yakni pegunungan, danau besar dan air terjun bertingkat. Mereka juga memiliki situs megalitikum.

Situs wisata sejarah yang cukup besar itu terletak di Lembah Besoa, Taman Nasional Lore Lindu, ribuan patung
megalitikum dengan ukuran besar berada di sana.
Ini Objek Wisata Menakjubkan di Poso yang Wajib Dikunjungi
Pantai Siuri yang ada di Poso (Desyinta Nuraini/JawaPos.com)
“Banyak patung batu dengan bentuk mirip manusia yang berdiri di atas tanah atau sedikit muncul ke permukaan,” Kata Bupati Poso Darmin Agustinus saat berbincang dengan JawaPos.com Jumat (17/8).

Jumlah patung tersebut katanya, berjumlah ribuan. Tepatnya 1.450 patung. Situs megalitikum ini ternyata hanya ada dua di dunia. Pertama di Pulau Paskah, Meksiko dan di Poso.

Bahkan kata seorang peneliti Steven Muller, situs megalitikum di Poso lebih tua darilada Candi Borobudur di Magelang dan Piramid di Meair.

“Diperkirakan patung yang namanya Palindo, Okekea, Padalako itu diperkirakan diatas 1.500, sekitar 2.000 tahun sebelum masehi,” ungkap Darmin.

Selain itu, ada juga lokasi wisata air terjun yang ada di poso yakni, Air Terjun Saluopa. Air terjun itu terletak di Desa Tonusu, Pamona Utaran, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Air terjun bertingkat 12 dengan ketinggian sekitar 25 meter ini menawarkan sensasi sejuk dan menyegarkan mata. Air terjun denhan airnya yang sangat jernih ini, dikelilingi hutan tropis dan suara khas alam, bakal menghilangkan penat serta membuat rileks para pengunjungnya.

“Sebagai pelengkap, terdapat kebun buah cokelat
dan tempat beristirahat tak jauh dari lokasi Air Terjun Saluopam” kata Darmin
Tiket masuknya pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup membayar Rp 5 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 20 ribu bagi wisatawan asing. Jika menginap, Rp 110 ribu per malam ditawarkan cottage di dekat pintu masuk air terjun.

Untuk sampai di Air Terjun Saluopa, pengunjung harus menempuh jarak 54 km dari kota Palu dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat ke Tentena. Dari Tentena, pengunjung kembali menempuh jarak 12 km ke lokasi.
Sesampainya di pintu masuk, pengunjung harus berjalan kaki 500 meter. Kendati demikian, dijamin lelahnya perjalan tersebut akan terbayar ketika merasakan segarnya Air Terjun Saluopa.

Selain situs megalitikum dan air terjun, masih banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, berikut destinasi lainnya:

1. Danau Poso

Tak jauh dari Air Terjun Saloupa, para pengunjung akan dimanjakan dengan luasnya Danau Poso. Sebenarnya, danau ini sudah bisa dilihat mulai dari Tentena.

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat. Danau ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan.

Pertama kali melihatnya, JawaPos.com yang berkesempatan menyambangi Danau Poso mengira bentangan air besar itu adalah laut. Sebab, air di danau tersebut berwarna biru laut di bagian tengah dan hijau ketika sudah sampai pesisirnya.

Berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, danau dengan luas seluas 32.000 Ha membentang luas dari utara ke selatan Kabupaten Poso dan mempunyai kedalaman mencapai 510 meter. Keindahan Danau Poso dilengkapi dengan tanaman
cengkeh di sekitarnya.
2. Pantai Siuri

Pantai dengan pasir kuning keemasan ini merupakan bagian dari Danau Poso. Letaknya tak jauh dari Air Terjun Saluopa.

Hanya menempuh waktu 20 menit menggunakan kendaraan dari Saluopa, pengunjung bisa langsung menikmati butiran pasir yang lembut dan indahnya Pantai Siuri, Danau Poso, yang terletak di Desa Toinasa, kecamatan Pamona Barat, Poso, Sulawesi Tengah.

Wisatawan bisa langsung bermain-main di pinggiran pantai yang airnya terlihat bening dan hijau setelahnya. Lingkungan sekitar pantai pun sangat bersih. Tak ada sampah sedikit pun. Tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

3. Bukit Teletubbies

Seakan tak ada habisnya, Poso juga memiliki hamparan perbukitan yang unik. Salah satu yang terkenal berada diantara kecamatan Poso Pesisir Selatan dengan Kecamatan Lore Bersaudara.

Area perbukitan dengan pepohonan pinus itu seperti lokasi di serial TV anak-anak di era 2000an. Yakni, bukit Teletubbies. Pengunjung bisa berswafoto sepuasnya seperti berada di negeri Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po tinggal.

 

Sumber: JawaPos

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

WhatsApp chat